Pemilik BCA dan Indosiar, Liem Sioe Liong Meninggal Dunia

Pengusaha nasional terkenal papan atas Liem Sioe Liong atau Sudono Salim meninggal dunia di usianya yang ke-95 tahun menjelang 96 tahun. Pemilik BCA, Indosiar, Indofood dan Indomaret ini meninggal dunia di Raffles Hospital, Singapura, pada hari Minggu tanggal 10 Juni 2012 sekitar pukul 15.50 waktu setempat. Penyebab Liem Sioe Liong meninggal dunia adalah karena penyakit tua yang dideritanya.
Rekannya sesama pengusaha, Sofyan Wanandi membenarkan kabar duka tersebut. Menurutnya, jenazah Lim Sioe Liong disemayamkan di Mount Vernon Funeral. Saat ini seluruh keluarga besar taipan tersebut sudah berada di Singapura. Namun, belum diketahui apakah jenazah akan dimakamkan di Indonesia atau di Singapura.
"Keluarga masih kumpul, belum tahu kapan diterbangkan," kata Sofyan yang juga Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini. Sofyan mengaku terakhir kali bertemu dengan rekannya itu sekitar setahu lalu. Saat itu, Liem Sioe Liong sudah tidak mengetahui perkembangan terkini di Indonesia.
Semasa hidup, Liem Sioe Liong atau Sudono Salim adalah pengusaha terkenal kelas atas yang dikenal dekat dengan Presiden Soeharto yang ketika itu menjadi penguasa Orde Baru. Lim Sioe Liong juga pernah menjadi orang terkaya di Indonesia dan Asia bahkan masuk dalam daftar 100 orang terkaya di dunia. Majalah Forbes mencatat kekayaan Liem Sioe Liong pada 2006 mencapai 800 juta dolar AS.
Sekilas profil Liem Sioe Liong :
Liem Sioe Liong lahir di Cina, pada tanggal 16 Juli 1916. Keterangan lain, kelahiran Liem adalah tanggal 10 September 1915. Lim Sioe Liong menikah dengan Lie Las Nio (Lilani) dan memiliki empat orang anak masing-masing bernama Albert, Andre Halim, Anthony Salim, dan Mira.
Sejumlah usaha berhasil dirintisnya. Liem Sioe Liong merupakan pendiri dan pemilik Central Bank Asia pada tahun 1957 yang kemudian berganti nama menjadi Bank Central Asia (BCA) pada tahun 1960. Ia juga pendiri dan pemilik Grup Salim, PT Bogasari Flour Mill, PT Mega, Bank Windu Kencana, PT Hanurata, PT Indocement, dan PT Waringin Kencana.
Kepemilikan Grup Salim meliputi Indofood, Indomobil, Indocement, Indosiar, BCA, Indomaret, Indomarco, dan lain-lain. Selama beberapa tahun ini dia tinggal di Singapura. Usahanya diteruskan anaknya, yakni Anthony Salim dan menantunya Franciscus Welirang.
(Op)

0 comments:

Post a Comment

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Berita Terkini Update All Rights Reserved.